Coming Son Collection Film
Game Software
Berita Selebriti
Pariwisata Kuliner
Handphone Computer Gaget
Thanks for Blogger
20100812 | 12.46 | 0 Comments

Taman Wisata Bromo

Lokasi Gunung Bromo terletak di Kabupaten Lamongan, kecamatan Tengger. Kita bisa menikmati keindahan pemandangan dari gunung Bromo dan gunung-gunung serta lautan pasir Bromo secara keseluruhan dari penanjakan yang terdapat di wilayah Pasuruan..

Sejarah yang terkandung dari tempat ini diangkat berdasarkan kepercayaan masyarakat Tengger, yaitu nama gunung Bromo ini diangkat dari suatu peristiwa.
Konon, dulu ada dua orang bersuami istri dari Majapahit yang belum mendapatkan keturunan bersemedi di puncak gunung Lejar. Gunung Lejar itulah yang kini menjadi gunung Bromo. Dua orang petapa itu adalah Jaka Seger dan Rara Anteng.

Mereke bersemedi tepat 40 hari 40 malam, mereka mendapat jawaban atas permintaan mereka dari Dewa Brahma bahwa mereka akan segera mendapat keturunan, namun anak terlahir mereka harus dijadikan kurban untuk gunung Lejar.

Tidak lebih dari satu tahun setelah peristiwa tersebut, lahir keturunan dari Jaka Seger dan Rara Anteng. Sebagai rasa terima kasih kepada Dewa Brahma, Jaka Seger dan Rara Anteng mengadakan syukuran dan mengganti nama gunung Lajer menjadi gunung Bromo. Anak pertama mereka diberi nama Raden Kluwung. Seiring berjalannya waktu, mereka mendapat banyak keturunan hingga mencapai 25 orang anak. Anak yang terakhir bernama Raden Kusuma. Sejak kecil Raden Kusuma tekun mendalami ilmu agama dan patuh terhadap orang tua. Tak disangka, Raden Kusuma dengan ikhlas menyerahkan dirinya untuk kurban kepada gunung bromo demi keselamatan dan kesejahteraan masyarakat Tengger.

Sampai sekarang pun, upacara kurban tetap ada. Namun bukan berupa manusia melainkan hasil bumi di wilayah Tengger. Upacara ini dilakukan setiap bulan oktober.

Di kaki gunung bromo, terdapat pura tempat orang tengger yang beragama Hindu melakukan upacara keagamaan kasada di bulan oktober. Di sana kita dapat melewati sekitar 250-300 anak tangga untuk sampai di puncak gunung bromo. Di sekitar gunung bromo terdapat sea of sands (lautan pasir) yang luas dan berbahaya pada musim kemarau.

Area taman wisata bromo banyak dikunjungi wisatawan pada hari minggu dan hari-hari libur. Puncak pengunjung biasanya ditemukan pada hari-hari libur sekolah, karena para pengunjung bisa berkemah atau bermalam di area taman nasional bromo.

Posted by the7ind

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright THE7IND © 2010 - All right reserved - Using Blueceria Blogspot Theme
Best viewed with Mozilla, IE, Google Chrome and Opera.